Senin, 03 Juni 2013

notasi dasar UML

Actor adalah segala sesuatu yang berinteraksi langsung dengan sistem aplikasi komputer, seperti orang, benda atau lainnya. Tugas actor adalah memberikan informasi kepada sistem dan dapat memerintahkan sistem agar melakukan sesuatu tugas. Lihat Gambar 1 di bawah.
http://dodis.files.wordpress.com/2013/05/actor.png
actor




Notasi utama dan yang paling mendasar pada diagram UML adalah notasi untuk mempresentasikan suatu class beserta dengan atribut dan operasinya. Class adalah pembentuk utama dari sistem berorientasi objek. Gambar 2 menunjukkan notasi dari class UML.

class
http://dodis.files.wordpress.com/2013/05/class.png
Use Case

Use case adalah deskripsi fungsi dari sebuah sistem dari perspektif pengguna. Use case bekerja dengan cara mendeskripsikan tipikal interaksi antara user (pengguna) sebuah sistem dengan sistemnya sendiri melalui sebuah cerita bagaimana sebuah sistem dipakai. Urutan langkah-langkah yang menerangkan antara pengguna dan sistem disebut scenario. Notasi use case dapat di perlihatkan pada gambar dibawah berikut ini.

 case
http://dodis.files.wordpress.com/2013/05/case.png
Interaction
 http://4.bp.blogspot.com/-uX1uzce8QWM/UWERGEgX5kI/AAAAAAAAALg/RYE8x2vJRUo/s1600/interaksi.png
 Gambar 4. Notasi Interaction
Interaction digunakan untuk menunjukkan baik aliran pesan atau  informasi antar  obyek maupun  hubungan  antar  obyek.  Biasanya  interaction  ini  dilengkapi juga dengan  teks bernama operation signature yang  tersusun dari nama operasi, parameter yang dikirim dan tipe parameter yang dikembalikan.
Interface
http://4.bp.blogspot.com/-tB5ldr5z5x8/UWERGs7bvVI/AAAAAAAAAL8/rOoNEzZ8qps/s1600/interface.png

 Gambar 5. Notasi Interface
Interface  merupakan  kumpulan  operasi  tanpa  implementasi  dari  suatu class. Implementasi operasi dalam interface dijabarkan oleh operasi didalam class. Oleh  karena  itu  keberadaan  interface  selalu  disertai  oleh  class  yang mengimplementasikan  operasinya.  Interface  ini  merupakan  salah  satu  cara mewujudkan prinsip enkapsulasi dalam obyek.
Note
http://3.bp.blogspot.com/-gsNb_BksMUc/UWERGse_5wI/AAAAAAAAAL4/9tNyooVsUPE/s1600/note.png
Gambar 6. Notasi Note
Note  digunakan  untuk  memberikan  keterangan  atau  komentar  tambahan dari  suatu  elemen  sehingga  bisa  langsung  terlampir  dalam model.  Note  ini  bisa disertakan ke semua elemen notasi yang lain.
Dependency
http://4.bp.blogspot.com/-mNJxHj0RBeM/UWERGL0_OJI/AAAAAAAAALk/Eb634-MLdes/s1600/dependan.png
Gambar 7. Notasi Dependency
Dependency merupakan  relasi  yang  menunjukan  bahwa  perubahan  pada salah satu elemen memberi pengaruh pada elemen lain. Elemen yang ada di  bagian tanda panah adalah elemen yang tergantung pada elemen yang ada dibagian tanpa tanda panah.  Terdapat  2 stereotype dari dependency,  yaitu  include dan extend.  Include menunjukkan  bahwa  suatu  bagian  dari  elemen  (yang  ada  digaris  tanpa  panah) memicu eksekusi bagian dari elemen lain (yang ada di garis dengan panah).  Extend menunjukkan bahwa suatu bagian dari elemen di garis tanpa panah bisa disisipkan kedalam elemen yang ada di garis dengan panah.
Association
http://4.bp.blogspot.com/-h1f5UZgsDfc/UWERGrSFAdI/AAAAAAAAAL0/vO7b_q92Iws/s1600/associa.png
Gambar 8. Notasi Asociation
Association  menggambarkan  navigasi  antar  class  (navigation),  berapa banyak  obyek  lain  yang  bisa berhubungan  dengan  satu  obyek  (multiplicity antar class) dan apakah suatu class menjadi bagian dari class lainnya (aggregation).  Navigation dilambangkan dengan penambahan  tanda panah di akhir  garis. Bidirectional navigation menunjukkan bahwa dengan mengetahui salah satu class bisa didapatkan  informasi dari  class lainnya. Sementara UniDirectional navigation hanya dengan mengetahui  class diujung  garis association  tanpa panah  kita bisa mendapatkan informasi dari class di ujung dengan panah, tetapi tidak sebaliknya.  Aggregation  mengacu  pada  hubungan  has-a ,  yaitu  bahwa  suatu  class memiliki class lain, misalnya Rumah memiliki class Kamar.
Generalization


http://4.bp.blogspot.com/-7jFWP9VVcwI/UWERHKfH26I/AAAAAAAAAME/_foibGPTCN4/s1600/realis.png
Gambar 9. Notasi Generalization

Generalization menunjukkan hubungan antara elemen yang  lebih umum ke elemen  yang  lebih  spesifik.  Dengan  generalization,  class  yang  lebih  spesifik (subclass)  akan  menurunkan  atribut  dan  operasi  dari  class  yang  lebih  umum (superclass)  atau  subclass  is  superclass .  Dengan  menggunakan  notasi generalization ini, konsep inheritance dari prinsip hirarki dapat dimodelkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar