Selasa, 09 April 2013

sistem client server (socket connection)


 socket connection


Sebuah soket jaringan adalah antarmuka jaringan-titik akhir dari aliran-proses komunikasi antar seluruh jaringan komputer. Saat ini, komunikasi yang paling antar komputer didasarkan pada Internet Protocol, sehingga soket jaringan kebanyakan soket internet.

Sebuah API socket adalah sebuah antarmuka pemrograman aplikasi (API), biasanya disediakan oleh sistem operasi, yang memungkinkan program aplikasi untuk mengontrol dan menggunakan soket jaringan. Internet socket API biasanya didasarkan pada soket Berkeley standar.

Sebuah alamat socket adalah kombinasi alamat IP dan nomor port, seperti salah satu ujung sambungan telepon adalah kombinasi nomor telepon dan ekstensi tertentu. Berdasarkan pada alamat ini, soket internet memberikan paket yang masuk data ke proses aplikasi yang sesuai
dengan penggunan.

Sebuah soket internet ditandai oleh kombinasi unik dari berikut:

     Soket lokal address: alamat IP lokal dan nomor port
     Alamat soket Remote: Hanya untuk soket TCP didirikan. Sebagaimana dibahas dalam bagian client-server di bawah ini, hal ini penting karena server TCP dapat melayani beberapa klien secara bersamaan. Server menciptakan satu soket untuk setiap klien, dan soket ini berbagi alamat soket yang sama lokal.
     Protokol: Protokol transport (misalnya, TCP, UDP, IP baku, atau orang lain). TCP port 53 dan UDP port 53 yang akibatnya berbeda, soket yang berbeda.








Soket yang menggunakan keluarga alamat AF_UNIX atau AF_UNIX_CCSID dapat connection-oriented (SOCK_STREAM jenis) atau connectionless (SOCK_DGRAM jenis).

Kedua jenis ini dapat diandalkan karena tidak ada fungsi komunikasi eksternal menghubungkan dua proses.

UNIX domain socket datagram bertindak berbeda dari soket UDP datagram. Dengan soket UDP datagram, program klien tidak perlu untuk memanggil API bind () karena sistem memberikan nomor port yang tidak terpakai secara otomatis. Server kemudian dapat mengirim kembali datagram dengan nomor port. Namun, dengan UNIX soket datagram domain, sistem tidak otomatis menetapkan nama path untuk klien. Dengan demikian, program klien yang menggunakan UNIX datagrams domain harus memanggil API bind (). Nama jalur yang tepat ditentukan pada mengikat klien () adalah apa yang akan diteruskan ke server. Dengan demikian, jika klien menentukan nama path relatif (yaitu, nama jalan yang tidak memenuhi syarat dengan memulai dengan /), server tidak dapat mengirim klien datagram kecuali berjalan dengan direktori saat yang sama.
Sebuah jalur Contoh nama yang mungkin menggunakan aplikasi untuk keluarga ini adalah alamat / tmp / myserver atau server / thatserver. Dengan server / thatserver, Anda memiliki nama jalan yang tidak memenuhi syarat (tidak ada / ditentukan). Ini berarti bahwa lokasi dari entri dalam hirarki sistem file harus ditentukan relatif ke direktori kerja saat ini.
Catatan: Path nama dalam sistem file yang NLS-diaktifkan.

Gambar berikut mengilustrasikan hubungan klien / server dari keluarga alamat:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar