Kamis, 20 Desember 2012

sondo sondo

sondo-sondo— Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara, mengembangkan wilayah Sondosondo di Wasilei Selatan menjadi kawasan wisata perkebunan cengkeh, sebagai salah satu upaya memperkaya tujuan wisata di daerah itu.
Bupati Halmahera Timur Rudi Irawan di Ternate, Jumat, mengatakan, Sondosondo memiliki areal perkebunan cengkeh yang cukup luas dan menyajikan pemandangan yang indah, terutama saat musim panen.
Dia mengharapkan, pengembangan wilayah Sondosondo menjadi kawasan wisata perkebunan cengkeh dapat menarik minat wisatawan berkunjung ke daerah itu.
Wisatawan, katanya, bisa melihat keindahan kawasan itu sekaligus menikmati cara memanen cengkih jika berkunjung saat musim panen.
“Bahkan wisatawan bisa mendapat uang dari hasil memetik cengkih, seperti yang diperoleh para pemetik cengkih yang banyak berdatangan ke daerah itu pada setiap musim panen,” katanya.
Para pemilik cengkeh di Sondosondo, termasuk di daerah lainnya di Halmahera Timur selama ini selalu mendatangkan pemetik cengkeh dari daerah lain, seperti Sulawesi Utara dan Gorontalo karena mereka tak sanggup memetik sendiri.
Dia mengatakan, seorang pemetik cengkeh bisa mendapatkan hasil hingga Rp200.000 per hari.
“Jadi jika wisatawan ingin menikmati keindahan kawasan wisata perkebunan cengkeh sekaligus bisa mendapatkan penghasilan Rp200.000 per hari, maka Sondosondo di Halmahera Timur bisa menjadi pilihan yang menarik,” katanya.
Menyinggung kesiapan Pemkab Haltim dalam menyambut Sail Morotai di Kabupaten Palau Morotai pada 15 September 2012, dia mengatakan, pemkab setempat telah menyiapkan berbagai potensi investasi dan pariwisata yang akan dipromosikan pada kegiatan bertaraf internasional itu.
Potensi investasi yang akan dipromosikan pada Sail Morotai tersebut di antaranya pertambangan, perikanan, dan perkebunan, sedangkan potensi pariwisata di antaranya wisata bahari dan panorama alam.
Pemkab Halmahera Timur hingga saat ini terus membenahi berbagai infrastruktur untuk menunjang kegiatan investasi di daerah itu seperti pembenahan jalan, listrik, dan pelabuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar